Rabu, 04 Januari 2012

Kepercayaan Diri bagi Penggemar Jaringan Sosial

Teknologi informasi memberikan banyak fasilitas yang dapat mempermudah dalam menjelajahi kehidupan. Saat ini jaringan sosial sedang berkembang pesat, sehingga akan berdampak pada kepribadian seseorang dalam hal ini adalah kepercayaan diri pada penggemar jaringan sosial. Menurut  (Setiono, 2002) memaparkan bahwa salah satu hal penting yang menjadi masalah dalam bersosialisasi adalah kepercayaan diri, dimana hampir setiap orang mengalaminya, dikarenakan konflik dalam diri mereka yang makin kompleks. Sering kali mereka menjadi bingung karena kadang-kadang diperlakukan sebagai seenaknya, tetapi dilain waktu mereka dituntut untuk bersikap mandiri dan dewasa.
Kehadiran jaringan sosial  ini memang menyita perhatian banyak kalangan, sampai kaum elitpun tak ingin ketinggalan membuat account untuk dipublish dalam jaringan sosial tersebut. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada gaya hidup dan karakter pribadinya. Mereka biasanya ketergantungan membuat status ataupun sekedar memberi komentar. Ungkapan-ungkapan yang mereka tulis didalamnya yang merupakan isi hati atau kejadian yang dialaminya, mereka menganggap jaringan sosial ini adalah sahabat terdekatnya, bagi mereka jaringan ini adalah salah satu sahabat dekat yang bisa dibawa kemanapun mereka pergi. Yang lebih ekstrim lagi banyak anak-anak yang turut tak mau ketinggalan dan bergabung dalam jaringan ini, tak heran bila anak-anak sekarang mahir bermain internet.
Tidak semua media bersifat positif atau negate, tetapi semua akan akan tergantung pada pribadi individu itu sendiri. dampak negatif dalam jaringan sosial ini sebenarnya pasti ada, akan tetapi hal ini tergantung pada pemanfaatan jaringan sosial itu sendiri. Kalau jaringan ini digunakan untuk bertemu teman-teman, berkomunikasi  dan saling memberi informasi di dunia maya, tentu saja hal ini bersifat positif.  Tetapi jika digunakan untuk ajang penipuan ataupun kejahatan maka akan merugikan banyak orang dan tidak digunakan kemanfaatan positifnya.
Menyukai atau ketergantungan pada jaringan sosial memang bukan hal yang tabu untuk saat ini, mereka rela meluangkan waktu, biaya dan pikiran hanya untuk jaringan sosial ini, sehingga dapat mempengaruhi kepribadian orangdiantaranya adalah kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang hadir dalam diri akan membuat mereka mudah bergaul, komunikatif bahkan akan menjadi bekal dalam kehidupannya sehari-hari.kepercayaan diri dalam hal inipun akan meningkat dikarenakan adanya dorongan dalam diri dan gaya hidupnyapun akan lebih memiliki variasi. Semangatnya yang akan tumbuh menjadi perubahan positif sehingga menjalani kehidupan dengan penuh senyumanJ
Oleh karena itu Kepercayaan diri seseorang bisa lahir salah satunya melalui media ini. Tetaplah digunakan untuk hal positif, karena jaringan ini dapat membangun semangat hidup seseorang menjadi lebih baik dan lebih terarah.

1 komentar:

Mantap... :)

Kunjungi Blog Sya yaa...??

http://teknisikaliwedi.blogspot.com/

Posting Komentar

Bagikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More